Hubungan Timbal Balik dan Faktor PendidikanYayasan Pendidikan Islam Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari

Main Article Content

Sukatin
Institut Agama Islam Nusantara Batanghari Jambi, Indonesia
Hildinniyah Fitri
Institut Agama Islam Nusantara Batanghari Jambi, Indonesia
Misnawati
Institut Agama Islam Nusantara Batanghari Jambi, Indonesia
Salsabila
Institut Agama Islam Nusantara Batanghari Jambi, Indonesia
Rindiyani
Institut Agama Islam Nusantara Batanghari Jambi, Indonesia


 


Pendidikan adalah salah satu upaya manusia untuk bisa



menggapai cita-citanya, sebagaimana definisi pendidikan itu
sendiri adalah aktivitas atau usaha manusia untuk menumbuh
kembangkan potensi-potensi bawaan baik jasmani maupun
rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat
dan kebudayaan untuk memperoleh hasil dan potensi. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengertian faktor
pendidikan, untuk mengetahui macam-macam faktor pendidikan
dan untuk mengetahui bagaimana hubungan timbal balik antar
faktor pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah model
penelitian kualitatif dengan kajian literatur. Hasil penelitian yang
didapat perlu diingat bahwa pendidikan bermaksud melayani
kebutuhan masyarakat dalam arti menambah kemampuan
masyarakat untuk dapat bertahan dan mengembangkan diri
dalam semua aspek kehidupan. Selain itu tanpa adanya hubungan
dengan masyarakat, sekolah tidak dapat berkembang karena
masyarakat juga membantu sekolah dalam mengatasi
permasalahan-permasalahan dalam pendidikan.
Pendidikan adalah salah satu upaya manusia untuk bisa
menggapai cita-citanya, sebagaimana definisi pendidikan itu
sendiri adalah aktivitas atau usaha manusia untuk menumbuh
kembangkan potensi-potensi bawaan baik jasmani maupun
rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat
dan kebudayaan untuk memperoleh hasil dan potensi. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengertian faktor
pendidikan, untuk mengetahui macam-macam faktor pendidikan
dan untuk mengetahui bagaimana hubungan timbal balik antar
faktor pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah model
penelitian kualitatif dengan kajian literatur. Hasil penelitian yang
didapat perlu diingat bahwa pendidikan bermaksud melayani
kebutuhan masyarakat dalam arti menambah kemampuan
masyarakat untuk dapat bertahan dan mengembangkan diri
dalam semua aspek kehidupan. Selain itu tanpa adanya hubungan
dengan masyarakat, sekolah tidak dapat berkembang karena
masyarakat juga membantu sekolah dalam mengatasi
permasalahan-permasalahan dalam pendidikan
Keywords: Hubungan timbal balik, Pendidikan, Faktor Pendidikan