Pengaruh Metode Resitasi dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Bakti Ibu II Palembang

Main Article Content

Mukhlas
Universitas Tridinanti Palembang, Indonesia

Pendidikan adalah suatu kegiatan yang mempunyai pengaruh besar terhadap pembentukan intelektual manusia, baik sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial dalam beragam interaksinya. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen (Experiment Design). Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti dampak metode mengaji terhadap motivasi, motivasi terhadap hasil pembelajaran, metode mengaji terhadap hasil pembelajaran serta metode dan motivasi bacaan secara keseluruhan terhadap hasil pembelajaran. Metode analisis hipotesis yang digunakan untuk penelitian ini adalah beberapa regresi linier dan korelasi. Analisis deskriptif dirangkum bahwa berdasarkan metode pembacaan tes korelasi terhadap motivasi, diperoleh nilai sig 0.000 kurang dari 0,05 yang berarti bahwa metode pengajian memiliki dampak positif pada motivasi, tes regresi linier berlipat ganda atau hasil tes t dalam nilai sig pada 0.000<0.05 menjelaskan bahwa metode pengajian juga berdampak pada hasil pembelajaran, sementara dampak motivasi terhadap hasil studi diuji oleh kombinasi uji-t dengan nilai manggung 0.034<0.05 dan signifikansi regresi linier ganda atau pengujian F dengan nilai sig pada 0.000<0,05 yang berarti bahwa metode pengajian dan motivasi bersama-sama berdampak pada hasil penelitian, dengan persentase 57,5% dan 42,5% yang dipengaruhi oleh variabel lain.


Keywords: Metode mengaji, Motivasi, Hasil belajar